Selasa, 07 Februari 2012

makalah konsep teknologi


KATA PENGANTAR




Assalamualaikum wr. Wb
Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah. Bahwasanya kami telah dapat membuat makalah konsep teknologi walaupun tidak sedikit hambatan dan kesulitan yang saya hadapi, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah SWT.
Walaupun demikian, sudah barang tentu makalah ini masih terdapat kekurangan dan belum dikatakan sempurna karena keterbatasan kemampuan saya. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak saya harapkan agar dalam pembuatan makalah di waktu yang akan datang bisa lebih baik lagi.  Harapan saya semoga makalah ini berguna bagi siapa saja yang membacanya.
Wabilahi Taufik walhidayah Wasalamualaikum wr.wb.












Penyusun




















DAFTAR ISI




Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan dan Manfaat
BAB II PEMBAHASAN
A. Model
B. Algoritma
C. Antrian
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA












BAB I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang

Perkembangan teknologi menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang mempermudah pekerjaan manusia.Kemajuan teknologi tersebut membawa dampak negatif dan positif,globalisasi di bidang teknologi membuat persaingan semakin terbuka,dengan menguasai teknologi dapat meningkatkan kualitas diri kita ,setiap hari nya banyak teknologi baru yang tercipta maka dari kita harus selalu update mengikuti setiap perkembangan teknologi. Dengan demikian kita sebagai generasi muda di tuntut untuk berfikir keras untuk merubah kemajuan teknologi agar bisa lebih berkembang dari sekarang.

B.Tujuan dan Manfaat Pembentukan Makalah
Pengumpulan data untuk makalah merupakan sumber pembelajaran yang menunjang pengembangan wawasan mahasiswa yang tidak ditemukan dalam proses pembelajaran di kelas.
Dalam pembuatan makalah, mahasiswa mencari data dari berbagaimacam sumber atau informasi dan dari narasumber yang akhirnya ditulis dalam makalah ini.
Tujuan dan manfaat dari pembuatan makalah tersebut adalah:
  1. Memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara langsung dari hasil pencarian data-data dari berbagaimacam sumber.
  2. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga terhadap kemajuan teknologi bangsa Indonesia.
  3. Memperluas wawasan dan memperoleh pengetahuan tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Belajar bekerjasama bertanggung jawab dan saling mempercayai.
  5. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan idealisme dan patriotisme.




BAB II
PEMBAHASAN
A.   Model
                       Arti kata model yang digunakan dalam teknologi adalah representasi suatu masalah dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dikerjakan.
Contoh Model: Masalah lalu lintas di kota
-         Masalahnya ada kemacetan, kekacauan, kemungkinan kecelakaan dsb.
-         Usaha mengatasinya antara lain mengubah arah lalulintas.
-         Kesukarannya adalah dalam mencoba arah yang dianggap betul. Karena :
                              *Memiliki resiko kemacetan sangat besar
                                                *Harus menunggu beberapa lama dulu sebelum dapat menarik kesimpulan
Upaya Mencari model :
·         Arah Lalulintas = Jumlah kendaraan yang lewat persatuan waktu
  • Arus Listrik = Jumlah muatan listrik yang lewat persatuan waktu
Terdapat anaogi antara arus lalu lintas dengan arus listrik
2
JENIS-JENIS MODEL :   - MODEL IKONIK
- MODEL ANALOG
- MODEL SIMBOLIK ATAU MATEMATIK
MODEL IKONIK : MEMBERIKAN VISUALISASI ATAU PERAGAAN DARI MASALAH YANG DITINJAU
CONTOH MODEL IKONIK – 1 : FOTO UDARA
Masalah letak bangunan, pertamanan, ruang arkir, system lalulintas dan sebagainya, dengan memeriksa foto udara dapat lebih cepat ditinjau.
CONTOH MODEL IKONIK – 2 : MAKET
Maket memberikan gambaran bentuk bangunan yang akan dibuat, tata letak dan hubungan fungsional antara bagian-bagian bangunan
3
4
MODEL ANALOG :   DIDASARKAN PADA KESERUPAAN GEJALA YANG  DITUNJUKKAN OLEH MASALAH DAN YANG DIMILIKI OLEH MODEL
5
CONTOH MODEL ANALOG –2 : GELOMBANG SUARA < -- > GELOMBANG MUKA AIR
Karakteristik suara (akustik) dalam ruang dapat dipelajari dengan membuat model (ikonik) ruangan dan menempatkannya dalam bak dangkal berisi air yang digetarkan
6
CONTOH MODEL ANALOG –3 : PENAMPANG RUANGAN (AUDITORIUM)
7




B.   Algoritma
Algoritma merupakan tahapan-tahapan untuk mencapai hasil. Jadi Algoritma tidak selalu berhubungan dengan Ilmu Komputer. untuk menghasilkan sesuatu,maka diperlukan proses. Proses tersebut terdiri dari tahapan-tahapan yang logis. Jadi menurut pemikiran saya,secara umum Inti dari algoritma adalah tahapan-tahapan logis yang harus dipenuhi untuk mencapai suatu hasil. Algoritma dalam ilmu Komputer adalah urut-urutan yang logis dan tepat untuk memecahkan permasalahan yang menggunakan Komputer dengan bahasa pemrograman yang telah ditentukan seperti bahasa pascal, Visual Basic, C, atau yang lainnya. Untuk membuat sebuah program, seseorang harus memiliki daya piker yang bagus. Dan untuk menghasilkan sebuah program yang berbeda dengan yang lainnya, maka orang tersebut harus memiliki kreativitas.
Kata Algoritma berasal dari bahasa arab yaitu Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Sedangkan Algorist adalah orang yang menghitung dengan menggunakan angka arab. Sebenarnya, Algoritma itu sendiri berasal dari nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan yaitu Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi yang dibaca oleh orang barat menjadi Algorism.
Contoh :
A. Rumusan Masalah
Semisal saya harus berangkat sekolah jam 7 kurang 15 menit akan tetapi pada jam 8 lebih 30 menit kita di suruh untuk pergi ke apotek untuk membelikan obat orang tua kita yang sedang sakit sedang pergantian jam pelajaran jam 8 lebih 15, di sekolah hanya di perbolehkan izin keluar sekolah jika kepala sekolah berada di sekolah atau apabila kepala sekolah mengizinkan, jika kepala sekolah tidak berada di sekolah atau tidak mengizinkan saya harus menghubungi kakak karena tidak bisa izin untuk keluar sekolah.
B. ALGORITMANYA ADALAH:
1. Saya berangkat ke sekolah seperti biasanya pada jam 7 lebih 45 menit.
2. Saya mengikuti pelajaran sampai jam 8 lebih 30 menit sampai perghantian pelajaran di mulai.
3. Saya melihat ke kantor apakah kepala sekolah berada di kantor atau tidak. (Kepala sekoalah berada di kantor)
4. Saya membuat surat izin kepada kepala sekolah untuk pergi ke luar sekolah. (Kepala sekolah mengizinkan).
5. Saya pergi ke apotek tepat jam 10 lebih 30 menit dan membeli obat-obat yuabg di perlukan.
6. Saya pergi kerumah dan memberikan obat kepada orang tua saya dan kembali ke sekolah untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya.
      C. Antrian
Antrian  adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari–hari.Menunggu di depan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop,pada pintu jalan tol, pada bank, pada kasir supermarket, dan situasi–situasi yanglain merupakan kejadian yang sering ditemui. Studi tentang antrian bukanmerupakan hal yang baru.
Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihikemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga penggunafasilitas yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan disebabkan kesibukanlayanan. Pada banyak hal, tambahan fasilitas pelayanan dapat diberikan untukmengurangi antrian atau untuk mencegah timbulnya antrian. Akan tetapi biayakarena memberikan pelayanan tambahan, akan menimbulkan pengurangan
keuntungan mungkin sampai di bawah tingkat yang dapat diterima. Sebaliknya,sering timbulnya antrian yang panjang akan mengakibatkan hilangnya pelanggan/ nasabah.
Salah satu model yang sangat berkembang sekarang ini ialah modelmatematika. Umumnya, solusi untuk model matematika dapat dijabarkanberdasarkan dua macam prosedur, yaitu : analitis dan simulasi.Pada model simulasi, solusi tidak dijabarkan secara deduktif. Sebaliknya,model dicoba terhadap harga – harga khusus variabel jawab berdasarkan syarat– syarat tertentu (sudah diperhitungkan terlebih dahulu), kemudian diselidikipengaruhnya terhadap variabel kriteria. Karena itu, model simulasi padahakikatnya mempunyai sifat induktif. Misalnya dalam persoalan antrian, dapatdicoba pengaruh bermacam – macam bentuk sistem pembayaran sehinggadiperoleh solusi untuk situasi atau syarat pertibaan yang mana pun.

Contoh Antrian:
Permasalahan:
            Disalah satu tol sering terjadi kemacetan yaitu pada gerbang masuk. Pihak jasa marga membuka gerbang untuk pengambilan tiket sebanyak 4 (empat) gerbang.
     Dari permasalahan di atas. Coba berikan solusi yang tepat untuk menghindari kemacetan di gerbang masuk tol.

     Solusi :
1.      Pekerja gerbang harus bekerja lebih cepat.
2.      Menambahkan gerbang tol.
3.      Ada petugas yang membagikan tiket tol ke setiap mobil yang mengantri.







BAB III
Kesimpulan
·         Model merupakan suatu penggambaran dari suatu masalah
·         Algoritma adalah runtunan intruksi/keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah
·         Antrian adalah suatu kejadian yang diakibatkan lamanya kinerja pelayanan
Saran
            Sebagai mhasiswa kita harus bisa menguasai berbagai macam bidang keilmuan khusunya teknologi agar menjadi mahasiswa yang berkualitas.



















Daftar Pustaka
1. Fery Soswanto (ferys@usa.net)
2. http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/made/artikel/LinNT/





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar